INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

PENGELOLAAN BANK SAMPAH

PENGELOLAAN BANK SAMPAH

BERITA DESA | Bank sampah adalah suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah. Hasil dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah akan disetorkan ke tempat pembuatan kerajinan dari sampah atau ke tempat Pengepul sampah. Bank sampah dikelola menggunakan sistem seperti perbankkan yang dilakukan oleh petugas sukarelawan.

Bank sampah berdiri karena adanya keprihatinan masyarakat akan lingkungan hidup yang semakin lama semakin dipenuhi dengan sampah baik organik maupun anorganik. Sampah yang semakin banyak tentu akan menimbulkan banyak masalah, sehingga memerlukan pengolahan seperti membuat sampah menjadi bahan yang berguna. Pengelolaan sampah dengan sistem bank sampah ini diharapkan mampu membantu pemerintah dalam menangani sampah dan meningkatkan ekonomi masyarakat

Tujuan utama pendirian bank sampah adalah untuk membantu menangani pengolahan sampah dan tujuan bank sampah selanjutnya adalah untuk menyadarkan masyarakat akan lingkungan yang sehat, rapi, dan bersih. Bank sampah juga didirikan untuk mengubah sampah menjadi sesuatu yang lebih berguna dalam masyarakat, misalnya untuk kerajinan dan pupuk yang memiliki nilai ekonomis.

Bank sampah memiliki beberapa manfaat bagi manusia dan lingkungan hidup, seperti membuat lingkungan lebih bersih, menyadarkan masyarakat akan pentingnya kebersihan, dan membuat sampah menjadi Barang Ekonomis. Manfaat bank sampah untuk masyarakat adalah dapat menambah penghasilan masyarakat karena saat mereka menukarkan sampah mereka akan mendapatkan imbalan berupa uang yang dikumpulkan dalam rekening yang mereka miliki. Masyarakat dapat sewaktu-waktu mengambil uang pada tabungannya saat tabungannya sudah terkumpul banyak.

Di Desa Balingasal, Kecamatan Padureso kegiatan Bank Sampah di mulai pada tanggal 26 Juni 2022. Sebelum itu ada himbauan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kebumen agar setiap desa di wilayah Kabupaten Kebumen, karena masalah sampah yang semakin serius agar mengupayaan pengelolaan sampah yang baik di setiap desa. Oleh karena itu untuk menanggapi hal itu perlunya didirikan pengelolaan sampah yang terpadu dan juga sosialisasi kepada masyarakat tentang dampak lingkungan dari sampah dan juga penanganan sampah agar bisa bermanfaat dan tidak mencemari lingkungan. Dari dinas sendiri juga ikut terjun bersosialisasi kepada masyarakat tentang manfaat dari Bank Sampah dalam acara PKK, POSYANDU maupun acara rutinan masyarakat seperti Muslimatan. Dengan harapan dengan banyaknya warga yang memahami kebermanfaatan dari Bank Sampah dapat tumbuh kesadaran dari masyarakat untuk semakin giat mengumpulkan sampah yang pada akhirnya dapat mensuseskan kegiatan Bank Sampah.

Di desa Balingasal Sendiri karena ada 6 Pedukuhan di Setiap Pedukuhan tersedia satu Bank Sampah yang di Kelola oleh masing-masing pedukuhan. Dan setiap Pedukuhan sendiri punya cara tersendiri untuk pengelolaan Bank Sampah baik dari pengurus maupun tekhnis pengumpulan sampah. Contoh di Pedukuhan Bleber yang dipimpin oleh Kadus Goltriyanto. Pengelolaan sampah melibatkan Pemuda Karang Taruna untuk terjun mengambil sampah dari rumah-rumah warga dan nantinya dana yang terkumpul sebagian digunakan untuk kepentingan kegiatan Pedukuhan dan Sebagian lagi diberikan kepada Warga yang sudah mengumpulkan sampah. Lain halnya dengan Pedukuhan Jatiteken Wetan yang dipimpin oleh Kadus Imam Giri Pujihadi. Pengelolaan Bank Sampah dengan sistem Tabungan Bank Sampah. Yang mana warga datang sendiri ke tempat Bank Sampah dan setelah dilakukan penimbangan petugas akan mencatat hasil timbangan dan juga nominal yang didapatkan ke Buku Rekening Bank Sampah. Setiap warga yang mengumpulkan sampah berhak menerima Buku Tabungan dan bisa mengambil sewaktu-waktu uang yang ada di Rekening Bank Sampah. Demikian juga pedukuhan yang lain juga mempunyai cara dan juga mekanisme yang berbeda dalam pengelolaan Bank Sampah. Yang jelas terpenting keaktifan dari Bank Sampah itu sendiri dan juga sosialisi yang terus menerus kepada masyarakat tentang dampak lingkungan dari sampah. Dengan adanya kegiatan Bank sampah di harapkan dapat menjadi solusi untuk Lingkungan yang lebih baik agar nantinya generasi penerus kita bisa menikmati keindahan Alam yang masih alami tanpa polusi. Di sini Kerjasama semua elemen masyarakat sangat dibutuhkan untuk mensukseskan kegiatan Bank Sampah. Ayo majukan Kegiatan Melestarikan Alam Sambil Menabung.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita Desa

Statistik Pengunjung