INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

KEGIATAN PADAT KARYA TUNAI DESA TAHUN 2022

KEGIATAN PADAT KARYA TUNAI DESA TAHUN 2022

BERITA DESA | Dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat akibat pandemi covid-19, salah satu Program Nasional adalah Padat Karya Tunai Desa. Alhamdulillah Desa Balingasal masih menganggarkan PKTD untuk membenahi saluran irigasi tanah pertanian yang berlokasi di Blok Sibandu. Hal ini bertujuan untuk memperlancar saluran air persawahan yang selama ini tidak berfungsi. Sehingga hasil pertanian semakin meningkat. 

Sebelum pelaksanaan kegiatan Padat Karya Tunai Desa, diadakan Sosialisasi kepada calon peserta PKTD, yang dibuka oleh Camat Padureso Katut Waluyo, A.P didampingi Tim Kecamatan Sekcam (Kuat Handoko), Polsek Padureso Aiptu Sabar, Kasi PM Mulyaningsih, SE, dan Pendamping Teknik Pujiyanto serta dari Dinas Pengairan Subur, Kepala Desa Balingasal dan Perangkat Desa. Dalam sosialisasi Camat Padureso, Padat Karya Tunai Desa merupakan program pemerintah berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya warga yang masuk dalam DTKS (PKH, Bansos maupun BLT), bersifat produktif yang mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk menambah pendapatan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Berdasarkan Pasal 4 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, pengaturan desa bertujuan antara lain untuk memajukan perekonomian masyarakat desa, mengatasi kesenjangan pembangunan, serta memperkuat masyarakat desa sebagai subyek pembangunan.

Dalam kegiatan sosialisasi disepakati bahwa pekerjaan dimulai Pukul 08.00 s.d 15.30 WIB, jeda istirahat dan Ishoma, dengan upah per hari Rp.60.000,-/HOK. Kegiatan dilaksanakan mulai hari Senin tanggal 25 Juli 2022 dan direncanakan selama 6 hari.  Banyaknya pekerja kurang lebih 24 orang dari warga masyarakat Desa Balingasal. Dan pembayaran dilaksanakan setiap sore setelah pekerjaan selesai. 

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita Desa

Statistik Pengunjung