INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

Sosialisasi Anti Hoax dengan Literasi Digital

Sosialisasi Anti Hoax dengan Literasi Digital

Sosialisasi Anti Hoax dengan Literasi Digital

BERITA DESA | Tim KKN PPM UGM bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informasi (DISKOMINFO) Kabupaten Kebumen menyelenggarakan Sosialisasi Anti Hoax dengan Literasi Digital di Desa Balingasal. Acara ini diselenggarakan pada Selasa, 19 Juli 2022 dengan dihadiri oleh perangkat desa dan masyarakat Desa Balingasal.

DISKOMINFO memulai dengan memperkenalkan apa yang disebut sebagai literasi digital. Disebutkan bahwa, literasi digital merupakan hal penting untuk memahami informasi yang ada di platform digital. Hal ini berangkat dari banyaknya jumlah pengguna internet di Indonesia dan maraknya konten hoax yang muncul di internet. Selain itu, kecakapan menggunakan internet dengan literasi digital bermanfaat untuk mengasah cara berpikir kritis, meningkatkan daya fokus dan konsentrasi, menambah wawasan, dan lain-lain. Oleh karena itu, adanya acara sosialisasi ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran diantara masyarakat Desa Balingasal mengenai pentingnya literasi digital

Selain itu, dijelaskan mengenai penggunaan media sosial. Masyarakat diajak untuk senantiasa memerhatikan beberapa hal agar menjadi mengguna media sosial yang bijak, seperti memerhatikan kredibilitas narasumber berita, mengecek ulang kebermanfaatan berita maupun informasi yang didapatkan, berjejaring, dan senantiasa menebar inspirasi serta menambah pengetahuan dan pengalaman melalui media sosial. DISKOMINFO juga mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam penulisan berita di Kebumen On News bagi mereka yang memiliki KTP wilayah Kebumen. Melalui sosialsasi ini, harapannya masyarakat Desa Balingasal mampu memahami pentingnya literasi digital sehingga dapat lebih bijak dalam menggunakan media sosial dan produk-produk digital lainnya.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita Desa

Statistik Pengunjung