INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

PENINGKATAN KAPASITAS BPD

PENINGKATAN KAPASITAS BPD

BERITA DESA │Dalam rangka meningkatkan kapasitas BPD Desa Balingasal mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas BPD pada tahun 2022. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin tanggal 12 Desember tahun 2022 di Balai Desa Balingasal. Kegiatan ini diikuti oleh 7 orang anggota BPD. Dalam acara ini juga hadir narasumber Camat Padureso Katut Waluyo, AP dan Yusuf Murtinono dari Formasi Kebumen.

Dalam sambutannya Kepala Desa Balingasal Manang, menyampaikan terimakasih kepada BPD yang telah bersinergi dengan baik dengan Pemerintah Desa, sehingga Desa Balingasal mendapatkan penghargaan desa dengan menyajiakan informasi publik dari Pemerintah Kabupaten Kebumen, hal ini tidak lepas dari peran BPD sebagai mitra yang baik bagi Pemerintah Desa. Kepala Desa berharap BPD akan lebih baik lagi dalam menjalankan tugas dan fungsinya dalam menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat Desa.

Camat Padureso Katut Waluyo, AP menjelaskan bahwa fungsi BPD sangat penting di desa. BPD lah yang menyerap aspirasi masyarakat dan kedudukan BPD adalah sebagai mitra Pemerintah Desa bukan sebagai penghalang. Dari pihak Kecamatan berharap agar BPD lebih bersinergi, bermitra dan berfungsi dengan baik

Pemaparan materi dari narasumber dari Camat Padureso Katut Waluyo tentang Fungsi BPD, Tugas BPD, Hak BPD, Keanggotaan BPD, serta materi dasar lainnya dalam pemaparannya dijelaskan bahwa fungsi BPD adalah membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa Bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa dan melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa. Dari tugas ini BPD adalah Lembaga yang memiliki kekuatan dalam menyepakati Peraturan Desa.

Pemaparan materi dari narasumber Bapak Yusuf Murtiono atau yang sering disebut Gus Yusuf dari LSM Formasi Kebumen menyatakan pentingnya kinerja BPD dan tupoksi dari BPD yang dulu hingga yang sekarang mengingat peran penting BPD dalam pelaksaanan pemerintah desa diharapkan para anggota BPD dapat melakukan tugasnya secara nyata, narasumber juga menambahkan yang berhak menindak menegur memberikan sanksi itu Perangkat Desa dalam pelanggaran yang ada di Perdes.

Mengingat peran penting BPD dalam pelaksanaan Pemerintah Desa. Kegiatan semacam ini  diharapkan dapat meningkatkan kinerja BPD dan menindaklanjuti secara nyata. Selain itu juga dapat sinergi antar berbagai pihak Birokrasi.

Ditulis oleh Notulis BPD

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita Desa

Statistik Pengunjung