INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

PEMDES KALIOMBO BERSILATURAHMI DI DESA BALINGASAL

PEMDES KALIOMBO BERSILATURAHMI DI DESA BALINGASAL

BERITA DESA | Pemerintah Desa Balingasal menerima kunjungan dari Pemerintah Desa Kaliombo Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan Rabu, 28 Desember 2022. Kepala desa Balingasal beserta perangkat desa, serta Ketua BPD dan anggota menerima secara langsung kedatangan rombongan tersebut di Balai Desa Balingasal.

Rombongan Silaturahmi dan studi banding ini terdiri dari unsur Pemerintah Desa Kaliombo, unsur BPD,  dan unsur Ketua RT dan RW yang seluruhnya berjumlah 30 orang. Tujuan studi banding ini seperti disampaikan oleh Kepala Desa Kaliombo adalah dalam rangka bersilaturahmi sekaligus ingin mendapatkan tambahan ilmu serta pengalaman dari Desa Balingasal karena informasi yang didapat dari Babinsa yang bertugas di Desa Kaliombo dan media sosial milik desa Balingasal yang dianggap salah satu desa yang sudah bisa menata ruang Kantor Desa dan menjalankan administrasi di Kabupaten Kebumen. Lebih khusus lagi karena desa Balingasal yang telah menggunakan aplikasi Pelayanan Mandiri dalam melayani warga dalam pengurusan surat pengantar kependudukan dan lainnya yang ada di Website Desa Online.

Kepala Desa Balingasal, Manang menyampaikan terima kasih yang setingginya kepada Pemerintah Desa Kaliombo karena telah sudi berkunjung dan bersilaturahmi ke Desa Balingasal. Beliau sangat berharap agar apa yang menjadi niatan dalam kegiatan studi banding ini dapat mempererat tali silaturahmi antar sesama perangkat desa dan lembaga desa dan tercatat sebagai amal ibadah dihadapan Tuhan Yang Maha Esa.

Dalam sambutannya Ketua BPD Balingasal, Sumiyanta menjelaskan bagaimana sistem kerja di kantor desa Balingasal dari musyawarah perencanaan sampai pada pelaksanaan, bagaimana kerjasama antar perangkat desa, pelayanan kepada masyarakat, kerjasama dengan BPD, Bumdes dan sebagainya. “Kerjasama antara semua unsur yang ada di desa merupakan faktor penentu agar desa bisa maju dan mau bekerja keras dalam melaksanakan tupoksi masing-masing pada seluruh aspek di desa. Selain itu kerjasama yang baik dengan pihak pemerintah pun harus terus dijaga agar terciptanya desa yang lebih mandiri menuju kesuksesan desa.

Selanjutnya penyampaian pengantar disampaikan oleh ketua rombongan studi banding dari Desa Kaliombo, dalam hal ini disampaikan sendiri oleh Kepala Desa Kaliombo (Slamet). “Kami sangat bangga karena sudah diterima dengan baik oleh Pemerintah Desa Balingasal dalam rangka berbagi ilmu dan pengalaman. Dan tujuan kedatangan kami ke Desa Balingasal ini adalah bersilaturahmi dan agar mendapatkan ilmu dalam hal Kelembagaan Desa” jelasnya. Beliau berharap agar apa yang didapatkan di desa Balingasal ini bisa diaplikasikan nantinya di Desa Kaliombo.

Acara kemudian dilanjutkan dengan paparan singkat Profil Desa serta Kelembagaan Desa yang ada di Desa Balingasal yang dipaparkan oleh Sekretaris Desa Balingasal, Udhi Purnomo. 

Dilanjutkan tanya jawab/diskusi yang dipandu langsung oleh Ketua BPD Balingasal. Sebagian besar para peserta studi banding ini ingin mengetahui bagaimana Pelayanan Mandiri Surat Pengantar Warga yang berbasis online, yang telah dilaksanakan di desa Balingasal serta kegiatan Bayar Pajak PBB  Serentak Satu Hari Lunas.
Sekretaris Desa Balingasal membagikan pengalamannya dalam awal mula ada website desa, serta Pembayaran PBB Satu Hari Lunas.

Selanjutnya para peserta kunjungan dipersilahkan untuk melihat-lihat keadaan dan kondisi kantor desa Balingasal. Mulai Ruang Kepala Desa, Sekretaris Desa, Ruang Arsip, Ruang Pelayanan, Ruang Kerja Kasi dan Kaur serta Ruang PKK dan Perpustakaan Desa. Mereka dipandu oleh Perangkat Desa Balingasal, dan tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut dengan bertanya langsung bila dirasa belum jelas.

Acara berjalan lancar dan berakhir pukul 13.00 WIB. Tidak lupa sebelum pulang seluruh peserta dan Pemerintah Desa Balingasal mengadakan foto bersama.

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita Desa

Statistik Pengunjung