INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

BERKONTRIBUSI POSITIF UNTUK MASYARAKAT DESA BALINGASAL, GUBUG KREATIF DAN PMII IAINU KEBUMEN SUKSES MENYELENGGARAKAN SEKOLAH PENDIDIKAN KRITIS 2023

BERKONTRIBUSI POSITIF UNTUK MASYARAKAT DESA BALINGASAL, GUBUG KREATIF DAN PMII IAINU KEBUMEN SUKSES MENYELENGGARAKAN SEKOLAH PENDIDIKAN KRITIS 2023

BERITA DESA | Organisasi mahasiswa Kebumen atau yang dikenal dengan, PMII Komisariat Joko Sangkrip (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) bersinergi bersama Gubug Kreatif dan sejumlah masyarakat Desa Balingasal, Padureso, Kebumen pada Minggu, 19 Februari 2023.

Dalam rangka berkontribusi nyata untuk masyarakat melalui kegiatan Sekolah Pendidikan Kritis yang mana dalam kegiatan tersebut PMII Rayon Tarbiyah IAINU Kebumen turun langsung lebih dekat berbaur dengan masyarakat Desa Balingasal guna turut serta bersama Gubug Kreatif menghidupkan kembali peran mahasiswa yang sesungguhnya yakni transformasi sosial. 

Sementara itu, Gubug Kreatif adalah sebuah wadah untuk masyarakat jatiteken kulon, Desa Balingasal. Gubug Kreatif yang digagas oleh sekolompok pemuda Desa Balingasal berangkat dari keresahan ditengah-tengah era modernisasi dan digitalisaai yang menyebabkan lunturnya budaya tradisional, harmonisasi dan solidaritas di masyarakat.

Gubug Kreatif ini memiliki harapan bahwa seyogyanya ruang pendidikan mampu mewujudkan masyarakat yang inovatif, kreatif dan produktif tetapi tetap menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan tradisi lokal yang luhur. 

Di dalam Gubug Kreatif itu sendiri terdapat ruang bermain, belajar, berkesenian dan upaya-upaya untuk terus menjaga serta menghidupkan budaya lokal, seperti gotong royong, permainan-permainan lawas, dan literasi, budaya membaca bagi masyarakat. 

Berdirinya Gubug Kreatif di Desa Balingasal sendiri ternyata sangat berpengaruh pada nilai-nilai kemanusiaan dan kebermasyaraktan, dari pentas seni rakyat yang rutin diadakan menampilkan berbagi kesenian seperti tari-tarian, puisi, pantomim, karawitan, drama, dan lainya.

Solidartas kolektif berupa gotong royong di tengah masyarakat mampu terjalin sangat kuat, mereka saling menawarkan diri untuk membantu yang lainnya dengan kesadaran dan kemampuanya masing-masing, dan terbukti ratusan warga desa hadir pada malam pentas seni rakyat itu. 

Gubug Kreatif dan PMII Rayon Tarbiyah IAINU Kebumen berupaya untuk berperan aktif dalam rangka merespon berbagai kebijakan lembaga pendidikan yang pada hakiatnya menjajah mental bangsa Indonesia dengan menawarkan konsep pendidikan yang kurang humanis dan menindas nalar berfikir kritis putra bangsa. 

PMII Rayon Tarbiyah IAINU Kebumen bersama dengan Gubug Kreatif menawarkan pendidikan alternatif yang digagas bersama sesuai kondisi realitas sosial yang ada, dan kebutuhan masyarakat Desa Balingasal dan harapannya dapat membawa perubahan nyata menuju Desa Balingasal yang lebih baik dan maju.

Di kemudian hari, Gubug Kreatif dan PMII Rayon Tarbiyah IAINU Kebumen akan berkomitmen untuk tetap melakukan pengabdian terhadap masyarakat dengan memberikan sumbangsih pendampingan dalam berbagai bentuk sesuai kebutuhan masyarakat Desa Balingasal. 

Mereka akan menjadi fasilitator di Gubug Kreatif dalam waktu lanjut akan dijadikan Laboratorium sosial sebagai alternatif pendidikan untuk menjembatani berbagi problematika pendidikan formal di Indonesia.

Penulis  Rey Rey

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita Desa

Statistik Pengunjung