INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

PESTA PATOK BIKIN TERNAK SEHAT DAN MONTOK

PESTA PATOK BIKIN TERNAK SEHAT DAN MONTOK

BERITA DESA | Setelah sekian lama dunia terkena dampak penyakit yang luar biasa, kini saatnya kita berbenah dengan menjaga kesehatan tubuh dan badan kita, bukan hanya kita (manusia) yang harus menjaga imun tubuh, sebagaimana hal nya hewan ternak harus dijaga kesehatannya, agar memberikan hasil maksimal dan meningkatnya hasil produktifitasnya, salah satu ujung tombak bidang kesehatan di Kecamatan Padureso atau di wilayah padat ternak adalah Pusat Kesehatan Hewan (PUSKESWAN). Tugas pokoknya melakukan pelayanan kesehatan hewan sesuai wilayah kerja yang ditetapkan. Dengan pelayanan kesehatan hewan melalui Puskeswan. Puskeswan dapat meningkatkan status kesehatan hewan, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani peternak. Dalam melaksanakan tugasnya, Puskeswan mempunyai beberapa fungsi yaitu Pelaksanaan penyehatan hewan; Pemberian pelayanan kesehatan masyarakat veteriner; Pelaksanaan epidemiologik; Pelaksanaan informasi veteriner dan kesiagaan darurat wabah; dan Pemberian jasa veteriner Dokter Hewan. 

Pada hari ini (Kamis, 02/03/2023) PUSKESWAN Kecamatan Padureso,  Drh. Sunan Djaka Agung Wiwoho yang didampingi oleh Mustofa Kamal Khoerudin S.Pt, Yulia Rosi Anjarwati S.Pt dan Sunu Suryaningtyas, S.Pt melaksanakan Sambang Jemput Bola ke wilayah Desa Balingasal dengan program PUSKESWANLING (Pusat Kesehatan Hewan Keliling). Sebelum melaksanakan kegiatannya petugas hewan meminta ijin terlebih dahulu ke kantor balai Desa Balingasal, setelah berbincang-bincang dengan Kepala Desa Balingasal (Manang), dan setelah itu Kepala Desa menugaskan Perangkat Desa/Kader Keswan (Nasekun) sebagai pemandu kegiatan PUSKESWANLING tersebut.

Petugas Puskeswanling dan didampingi oleh beberapa perangkat desa (Nasekun, Poniman dan Imam Giri Pujihadi) mendampingi petugas menuju rumah warga yang memiliki hewan ternak. Tugas mereka dibagi menjadi dua untuk kelompok, Nasekun mendampingi wilayah Dusun Kalapacung, Bleber, Pepedan dan Kenayan, sedangkan untuk kelompok Poniman mendampingi petugas di wilayah Dusun Jatiteken Kulon dan Jatiteken Wetan. Dengan diadakannya Puskeswanling para peternak jadi tahu apa yang harus dilakukan untuk kesehatan hewannya, mulai dari perawatan kandang, perawatan hewan dan memanfaatkan kotorannya sebagai pupuk pertanian yang organik. Dalam melaksanakan sambangnya petugas Puskeswanling memberikan vitamin pada hewan ternak juga memberikan arahan kepada peternak bagaimana cara merawat hewan dengan baik, dengan perawatan yang maksimal maka akan meningkatkan produkfitas daripada hewan ternak tersebut.

Saat Puskeswanling di Desa Balingasal menghasilkan hasil kunjungan dengan memeriksa kambing ternak sebanyak 35 ekor, memeriksa sapi ternak sebanyak 65 ekor dari semua yang diperiksa diketahui dalam keadaan baik-baik saja, dan juga semuanya diberikan vitamin dan bahan aditif lainnya yang memberikan efek aman dan menyehatkan. Pemberian gizi seimbang untuk peningkatan produksi dan produktivitas hewan, mencegah agar hewan tidak sakit, melakukan vaksinasi dan tindakan lain yang diperlukan dalam rangka pencegahan penyakit hewan menular, kegiatan puskeswanling selesai sekitar pukul 15.00 WIB dikarenakan waktu yang sudah sore.

Banyak ilmu yang didapat dari puskeswanling, agar kita sebagai peternak tahu bagaimana dan apa yang harus dilakukan supaya hewan yang kita pelihara menjadi sehat dan menghasilkan produktifitas yang maksimal, tentunya akan membuahkan hasil dan menambah nilai ekonomi atau penghasilan tambahan buat peternak. Semoga dengan diadakannya Puskeswanling dapat memberikan rasa keinginan para pemuda dan masyarakat untuk memulai berternak, di masa yang sekarang ini jarangnya minat para pemuda untuk memulai berternak dikarenakan rumitnya dan minimnya ilmu tentang peternakan.

ditulis oleh Goltriyanto

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita Desa

Statistik Pengunjung