INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

LOMBA MENYUSUN MENU DAN MAKANAN SEHAT SEHARI

LOMBA MENYUSUN MENU DAN MAKANAN SEHAT SEHARI

TP. PKK | Pola konsumsi pangan merupakan perilaku paling penting yang dapat mempengaruhi keadaan gizi seseorang. Hal ini disebabkan karena kuantitas dan kualitas pangan yang dikonsumsi akan mempengaruhi tingkat kesehatan seseorang. Agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit terkait gizi, maka pola konsumsi pangan masyarakat perlu ditingkatkan kearah konsumsi pangan Beragam, Bergizi seimbang, dan Aman (B2SA).

Dalam rangka mempercepat pemahaman masyarakat tentang konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman khususnya bagi ibu hamil, pada Tahun 2024 Pemerintah Kabupaten Kebumen menyelenggarakan Lomba Menyusun Menu dan Makanan Sehat Sehari di Desa dan Kelurahan. Lomba tersebut dimaksudkan agar setiap individu dapat menentukan dan menyediakan menu yang Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA) bagi ibu hamil yang akan berdampak signifikan terhadap kesehatan bayi di masa yang akan datang, sehingga tujuan besarnya dalam menekan angka prevalensi stunting di Kabupaten Kebumen Kebumen dapat terwujud.

Tujuan diadakan Lomba Menyusun Menu dan Makanan Sehat Sehari antara lain: (a) meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan yang Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (b) mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat pada umumnya dan ibu rumah tangga khususnya dalam memilih, menentukan, menyusun, mengolah, menyajikan menu yang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya (c) membangun budaya keluarga untuk mengkosumsi aneka menu makanan yang  Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman guna memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari, dengan memanfaatkan potensi pangan yang ada di sekitar rumah.

Peserta Lomba Menyusun Menu dan Makanan Sehari di Desa Balingasal adalah anggota PKK Desa (secara perorangan) yang merupakan masyarakat kelompok penerima manfaat pada program ketahanan pangan dalam rangka penanggulangan kemiskinan di desa.

Kriteria penilaian antara lain, kandungan kalori dan nilai gizi (35%), tekstur dan penampilan (15%), rasa (20%), kesesuaian harga (15%) dan kreatifitas (15%).

Tim Penilai penyelenggaraan lomba menu dan makanan sehat sehari di Desa Balingasal adalah Tim Penggerak PKK Desa dalam unsur pelaksanaannya dibantu oleh Bidan Desa, dan Kader PKK. 

Pemenang lomba yang berhak menerima hadiah (hadiah dikenakan pajak). Juara 1 sebesar Rp.500.000,- Juara 2 Rp. 300.000,- dan Juara 3 Rp. 200.000,-. Penyerahan hadiah akan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Kebumen pada Hari Jadi Kabupaten Kebumen pada tanggal 21 Agustus 2024.

Juara 1 diraih oleh Wahyuni dari Dusun Bleber RT.002 RW.005, Juara 2 diraih oleh Mardiana dari Dusun Jatiteken Kulon RT.003 RW.004, Juara 3 diraih oleh Nikmatul Khotimah dari Dusun Pepedan RT.002 RW.002.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter