INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

SOSIALISASI CBA/TBS

SOSIALISASI CBA/TBS

TP. PKK | TP. PKK Desa Balingasal melaksanakan kegiatan Sosialisasi CBA/TBS yang dilaksanakan di Balai Desa Balingasal. Kegiatan sosialisasi ini melibatkan nara sumber dari Tim Puskesmas Padureso (Ibu Eka) dan Bidan Desa (Ibu Tri)

Sosialisasi ini dari TP. PKK Desa melalui Pokja IV mengundang 20 kader kesehatan yang tersebar di 6 wilayah pedukuhan untuk diberikan penjelasan tentang penyakit TB dan Kusta. Materi yang disampaikan tentang penyakit TB dan Kusta; Pengertian, Penyebab, Penularan, Pencegahan dan Pengobatannya.
Selain CBA, pada pelaksanaan kegiatan, kami juga melakuksan Rapid Village Survey (RVS), yaitu  suatu cara untuk menemukan penderita baru kusta secara aktif dalam lingkup yang lebih kecil (desa) yang melibatkan partisipasi masyarakat.

Diharapkan dengan pola Rapid Village Survey mampu menemukan sebanyak-banyaknya kasus sehingga bisa diintervensi sedini mungkin, sehingga penularan dan penyebarannya mampu ditekan. Yang terpenting adalah semua berhak produktif, jika terlambat ditemukan dan ditangani akan terjadi kecacatan, ini akan berpengaruh pada produktifitas masyarakat.

Harapan dari pelaksanaan CBA TB yaitu ditemukannya kasus baru yang tidak terdeteksi agar dapat diobati sehingga dapat menurunkan angka kesakitan dan angka kematian dengan cara memutuskan mata rantai penularan sehingga penyakit TB tidak lagi merupakan masalah kesehatan masyarakat.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter