INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

POKJA IV TP. PKK BALINGASAL GELAR SOSIALISASI KESEHATAN REPRODUKSI BAGI REMAJA

POKJA IV TP. PKK BALINGASAL GELAR SOSIALISASI KESEHATAN REPRODUKSI BAGI REMAJA

TP. PKK | Dalam rangka pelaksanaan program kerja TP. PKK Desa Balingasal khususnya Proker Pokja IV di Tahun 2022 salah satunya menyelenggarakan sosialisasi kesehatan reproduksi. Kali ini TP. PKK mengundang narasumber dari UPT Dinas Kesehatan Puskesmas Padureso (Yuliwati) dan mengundang peserta sosialisasi dari kalangan remaja dari perwakilan pedukuhan, yang pelaksanaanya berlokasi di Balai Desa Balingasal, Senin (22/08)

Kesehatan Reproduksi adalah hal yang sangat penting terutama bagi para remaja. Karena pada masa remaja adalah waktu terbaik untuk membangun kebiasaan baik terutama dalam menjaga kebersihan yang menjadi aset sangat penting dalam jangka panjang khususnya remaja putri.

Pengetahuan masalah reproduksi tidak hanya wajib bagi remaja putri saja tetapi juga bagi remaja laki-laki juga harus mengetahui dan mengerti cara hidup dengan reproduksi yang sehat agar tidak terjerumus ke pergaulan yang salah yang merugikan bagi remaja.

Menjaga kesehatan reproduksi agar lebih sehat yaitu dengan menerapkan pola makan sehat, olahraga serta dengan mengkonsumsi vitamin dan suplemen. Orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan remaja, sehingga orang tua perlu lebih intensif dalam menanamkan nilai moral yang baik kepada remaja, salah satunya dengan menjelaskan kerugian yang ditimbulkan dari hubungan seksual pranikah dari segala sisi dan penyakit yang dapat ditularkan dari perilaku seks yang beresiko hingga konsekuensi dari ketidaksiapan mental yang finansial dalam memulai kehidupan berumah tangga akibat kehamilan yang tidak terencana.

Orang tua juga perlu menyaring sumber informasi agar pengetahuan yang diberikan kepada remaja akurat dan tidak menimbulkan kekhawatiran berlebihan pada remaja, dengan prinsip kasih sayang dan keterbukaan agar remaja akan merasa lebih nyaman dan membuka dirinya dalam membicarakan masalahnya terkait kesehatan reproduksi.

Mari kita pandu anak-anak remaja kita dengan memberikan informasi yang tepat agar mereka tidak salah melangkah dalam soal seks dan kesehatan reproduksinya.

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter