INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

KADER KESEHATAN DAN BIDAN DESA ADAKAN PERTEMUAN KELAS IBU HAMIL

KADER KESEHATAN DAN BIDAN DESA ADAKAN PERTEMUAN KELAS IBU HAMIL

POSYANDU | Untuk mempersiapkan kelahiran anggota keluarga baru, mengkuti adanya kelas ibu hamil bisa adalah salah satu hal yang dianjurkan untuk dilakukan. Dengan adaya kelas khusus untuk ibu yang sedang mengandung, pengetahuan calon ibu tentang bayi dan persiapan selama kehamilan tentu akan lebih bertambah. Dengan begitu, akan mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama masa kehamilan hingga proses persalinan berlangsung.

Pada umumnya, para calon ibu yang mengikuti acara ini paling tidak memiliki umur kandungan mulai 4 bulan hingga 8 bulan. Dengan adanya kelas ini, ibu-ibu dapat berkonsultasi, diskusi dan saling tukar informasi seputar masalah kehamilan. Selain itu, dengan mengikuti kelas ini diharapkan ibu yang sedang mengandung dapat lebih mengontrol, mengelola, serta menghadapi mood yang tidak enak serta tingkat emosional.

Pada awal sebelum mengikuti kelas kehamilan, para ibu ini akan diidentifikasi terlebih dahulu mengenai kehamilan mereka. Setelah itu barulah dibagi dalam setiap kelompok yang berisikan maksimal 10 ibu hamil. Biasanya, kelas ini diikuti oleh ibu-ibu yang sedang mengandung anak pertama. Karena ketidaktahuan inilah, beberapa instansi kesehatan dan terkait mengadakan kelas ini. Dengan adanya kelas ini, ibu hamil akan mengatahui bagaimana kronologis kejadian seseorang hamil hingga persiapan sebelum atau sesudah persalinan.

Kelas Ibu Hamil kali ini yang dilaksanakan di Pos Kesehatan Desa (PKD) Balingasal Rabu, 25/08/2021. Kali ini mengulas tentang Pemakaian Buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) model baru, untuk pemeriksaan ibu hamil trimester 1 (2x periksa); trimester 2 (1x periksa); trimester 3 (3x periksa). Ibu hamil wajib periksa laboratorium untuk mengetahui kadar HB, deteksi HIV, AIDS, penyakit sifilis dan juga Rapid Tes. Ada program Jampersal (Jaminan Persalinan) untuk yang mau melahirkan tanpa biaya di Puskesmas Padureso, dengan ketentuan tidak mempunyai KIS (Kartu Indonesia Sehat), Surat Rekomendasi dari Bidan Desa dan SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) dari Desa, Ibu Hamil juga wajib Temu Dokter 2x selama kehamilan.

Untuk pelaksanaan Vaksinasi COVID Ibu Hamil besok pada Senin tanggal 30 Agustus 2021 di Puskesmas Padureso (Ibu Hamil dengan umur kehamilan 12 Minggu - 33 Minggu).

Kegiatan-kegiatan pada kelas ibu hamil ini merupakan tambahan informasi seputar dunia kehamilan. Selain itu, para ibu hamil juga akan diberikan imunisasi TT untuk mencegah masuknya virus tetanus pada masa kehamilan. Selain itu, akan ada pula beberapa praktek-praktek tentang olahraga ringan yang dapat ibu hamil lakukan selama masa kehamilan dengan aman. Dibahas pula tentang mitos-mitos seputar dunia kehamilan.

Dan yang paling penting, dengan mengikuti kelas ini, para ibu muda yang akan memiliki anak bisa mengatasi rasa takut pada proses persalinan. Dalam kelas ini, selain persiapan dalam melalui masa persalinan, akan disiapkan pula mental para ibu yang akan memiliki bayi.

Dengan begitu, ibu yang mengikuti kelas kehamilan ini bisa terhindar dari resiko terserang baby blues selama masa kehamilan ataupun selesai masa persalinan yang akan berbahaya untuk si anak ataupun ibunya. Setiap pertemuan akan membahas beberapa topik yang berbeda mulai dari persalinan, perawatan bayi yang baru lahir, hingga pentingnya kepemilikan akte untuk anak.

Sumber berita : Hamilplus.com dan Bidan Desa

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip POSYANDU

Statistik Pengunjung