INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

MUSYAWARAH PENGISIAN KEKOSONGAN KEPENGURUSAN KARANG TARUNA

MUSYAWARAH PENGISIAN KEKOSONGAN KEPENGURUSAN KARANG TARUNA

KARANG TARUNA | Bertepatan dengan adanya kekosongan jabatan pada kepengurusan Karang Taruna “Taruna Jaya” Desa Balingasal terutama pada jabatan ketua, maka pada tanggal 17 Oktober 2020 diadakan Musyawarah Khusus untuk membahas perihal tersebut. Hadir pada acara tersebut Kepala Desa Balingasal, anggota MPKT (Majelis Pertimbangan Karang Taruna), Pengurus dan juga anggota Karang Taruna Desa Balingasal.

Manang selaku Kepala Desa Balingasal menjelaskan, bawasanya per tanggal 25 Agustus 2020 Goltriyanto yang sebelumnya menjabat Ketua Karang Taruna “Taruna Jaya” telah dilantik menjadi Kepala Dusun V/Bleber berdasarkan hasil penjaringan perangkat desa. Maka dari itu, jabatan Ketua di Karang Taruna harus ditinggalkan. Adapun soal mekanisme pengisian jabatan ini silahkan dikembalikan ke forum untuk dimusyawarahkan, tentunya dengan didasari aturan yang ada pada AD/ART Karang Taruna.

Goltriyanto selaku Ketua Karang Taruna terdahulu melaporkan, sesuai dengan AD/ART Karang Taruna semenjak dilantik menjadi Perangkat Desa otomatis roda kepemimpinan di Karang Taruna dipegang oleh saudara Wakil Ketua. Pejabat Sementara ini dipegang sampai ada ketua baru yang devinitif, yaitu hasil musyawarah pada saat ini. Sebelum dibahas, perlu saya sampaikan tentang aset selama 1 tahun perjalanan kepengurusan Karang Taruna. Bawasanya Karang Taruna “Taruna Jaya” telah mempunyai 31 jenis barang yang bersumber dari Dana Desa dan APBDes. Dari 31, 2 diantaranya hasil dari hibah berupa Handy Talki dan alat fitnes. Sebagian besar memang kami prioritaskan untuk pengadaan sarpras olahraga, adapun bidang kesenian dan budaya kami alokasikan untuk Seni Karawitan Mudhotmo Laras yang telah terbentuk kurang lebih 1 tahun ini. Untuk perkembangan aset berupa kas, tersisa Rp. 7.553.400,-

Sumber kas ini berasal dari pengelolaan tanah kas desa yang diserahkan kepada Karang Taruna, pihak ke 3, dan juga sisa anggaran hasil kegiatan yang kami kumpulkan.

Sumiyanta selaku Ketua MPKT (Majelis Pertimbangan Karang Taruna) menyampaikan, mengingat ini sifatnya paruh waktu, dengan melihat apa yang sudah tertuang pada AD/ART Karang Taruna seyogyanya pengurus yang ada dibawahnya naik ke atas (dalam hal ini wakil). Nah jabatan yang ditinggalkan silahkan nanti diisi, pun dengan skema demikian. Ketua yang terpilih nantinya akan mempelajari materi dan komposisi kepengurusan, sebelum melihat para figur yang dianggap mampu.

Wahyu Sulistya selaku anggota MPKT menambahkan, untuk menghemat waktu ada baiknya disepakati dulu tentang jabatan Ketua. Nanti ketua terpilih diminta untuk memberi pandanganya tentang figur-figur yang akan menduduki jabatan dibawahnya. Tidak lupa bila ada jabatan kepengurusan yang belum maksimal melaksanakan tupoksinya, agar sekalian ditata. Dalam hal ini ketua bisa melihat faktor kapasitas dan kapabilitas. Mungkin ada sistem mutasi jabatan.

Setelah dilakukan musyawarah secara aklamasi terpilih Nugroho Andhisatriyo P., yang sebelumnya menduduki jabatan Wakil Ketua naik menjabat sebagai Ketua Karang Taruna. Selanjutnya ketua terpilih merancang proyeksi figur-figur calon pengurus Karang Taruna dengan dimusyawarahkan dengan perwakilan peserta Musyawarah Khusus dari enam pedukuhan. Dengan hasil nya yaitu :

  1. Ketua : Nugroho Andhisatriyo P
  2. Wakil Ketua : Mahmudin
  3. Sekretaris : Hidayat
  4. Wakil Sekretaris : Arum Salis Kurniasih
  5. Bendahara : Sugeng Hariyadi
  6. Wakil Bendahara : Marbeta Dwi Ariyani
  7. Bidang Humas dan Kerjasama Kemitraan : Anggit Permono & Elsa Desi
  8. Bidang Kerohanian dan Pembinaan Mental : Khairul Ummah & Astriani Indah
  9. Bidang Pendidikan dan Pelatihan : Isti Khomariyah & Chusnul Nur Chotimah
  10. Bidang KUBE : Firman Arianto & Faizol
  11. Bidang Olah Raga : Mahfud & Fahmi Pratama Putra
  12. Bidang Seni Budaya : Tuyono & Chaerudin

Selanjutnya ketua terpilih menambahkan, kegiatan yang sudah berjalan agar hendaknya terus dilaksanakan dan dikembangkan, baik olahraga maupun kesenian dan budaya. Alhamdulillah tahun ini kegiatan Karang taruna bertambah dengan diaktifkannya kembali Perpustakaan Desa. Karang Taruna akan selalu mendukung kegiatan desa untuk kemajuan Desa Balingasal. Untuk pengurus baru, agar secepatnya menyesuaikan dengan pengurus lama supaaya secepatnya dapat bekerja.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip KARANG TARUNA

Statistik Pengunjung