INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

Data Pantauan Corona Desa

Loading..

PENYERAHAN BANTUAN STIMULAN RTLH TAHUN 2021

PENYERAHAN BANTUAN STIMULAN RTLH TAHUN 2021

BERITA DESA | Bertempat di Kantor Desa Balingasal Senin 25/10/2021 Pukul 13.00 WIB Pemerintah Desa Balingasal melaksanakan acara Penyerahan Bantuan Stimulan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 3 Kepala Rumah Tangga. Turut hadir dari unsur Penerima Bantuan dan disaksikan oleh Perangkat Desa dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Rehabilitasi rumah tidak layak huni adalah merupakan salah satu program pemerintah untuk menanggulangi kemiskinan penduduk di Desa Balingasal, kondisi rumah di Desa, sebagian belum memenuhi standarisasi rumah sehat dan bersih, maka dengan ini sangatlah diperlukan Rehabilitasi rumah tidak layak huni tersebut, sehingga masyarakat dapat merasakan dan meningkatkan taraf hidup yang layak, juga bisa meningkatkan ekonomi.

Dalam sambutannya Kepala Desa mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Provinsi Jawa Tengah atas program pemberian bantuan keuangan kepada pemerintah Desa sebesar Rp. 36.000.000,00 (Tiga Puluh Enam Juta Rupiah) kepada warga kami sehingga bisa memperbaiki atau merenovasi rumah warga kami serta membangun beberapa bagian rumah agar bisa menjadi lebih layak untuk di tempati. Hal ini juga memberikan nilai tambah dalam kesejahteraan warga kami.

Oleh karena kami selaku Pemerintah Desa penerima bantuan tersebut wajib memberikan laporan pertanggungjawaban atas dana tersebut. Adapun realisasi atas rencana pembangunan dalam penggunaan dana tersebut akan kami lampirkan dalam laporan pertanggungjawaban ini.

Sesuai jumlah dana bantuan keuangan kepada pemerintah desa yang kami terima sebesar Rp. 12.000.000,- (Dua Belas Juta Rupiah) per orang, maka kami berencana melakukan perbaikan beberapa bangunan yang ada di 3 (tiga) rumah warga kami yang sebelumnya telah kami ajukan dalam bentuk Rencana Kegiatan. Adapun rencana tersebut adalah:

  • Melakukan perbaikan atau pergantian atap rumah
  • Pembangunan dinding
  • Memasang lantai rumah
  • Pembayaran upah padat karya sebanyak 3 orang per rumah
  • Konsumsi padat karya

Dengan rincian masing-masing penerima sebesar Rp.12.000.00,(Dua Belas Juta Rupiah) Untuk Belanja Material sebesar Rp.10.000.000,- (sepuluh juta), Rp.1.800.000,- (satu juta delapan ratus ribu rupiah) untuk 3 orang tenaga kerja selama 6 hari dan Rp.200.000,- (dua ratus ribu rupiah) dipergunakan untuk makan dan minum tenaga kerja selama 6 hari.

Bantuan Stimulan Pembangunan Rumah Tidak Layak (RTLH) dari Pemerintah Desa diserahkan oleh Kepala Desa (Manang) diberikan kepada Pelaksana Kegiatan/Kasi Kesejahteraan (Warsino), selanjutnya oleh PK diserahkan kepada 3 orang Penerima Bantuan yang telah masuk dalam Aplikasi Simperum Disperakim Jawa Tengah yaitu KASWANDI (Dk. Pepedan RT.001 RW.002, KUTINEM (Dk. Pepedan RT.002 RW.002, TUMINAH (Dk. Kenayan RT.001 RW.001).

Kepala Desa juga berpesan dan mengingatkan bahwa Bantuan ini sifatnya Stimulan sehingga membutuhkan swadaya dari penerima pemanfaat, selanjutnya agar dana stimulan tersebut dipergunakan sesuai peruntukkan sesuai proposal yang telah diajukan dan juga untuk segera dilaksanakan sehingga Pelaksana Kegiatanbisa segera mempertanggungjawabkan

Dalam Penyerahan Pelaksana Kegiatan (Warsino) meminta kepada Penerima Bantuan untuk segera melaksanakan dengan berkoordinasi dengan Kepala Dusun masing-masing, sehinnga pekerjaan dilaksanakan sesuai perencanaan dan bisa segera mempertanggungjawabkan. Dan juga agar Kepada Dusun di mohon untuk membantu dan mendampingi pelaksanaan kegiatan tersebut.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2